Obat Asam Urat Alami

3 Jan 2015

Asam Urat atau hyperuricemia adalah kondisi dimana kadar uric acid dalam darah tinggi, peningkatan produksi asam urat oleh tubuh ini dapat mengakibatkan masalah kesehatan seperti gout artritis atau rematik, batu ginjal dan gagal ginjal. Penelitian terbaru menunjukan jika asam urat memiliki keterkaitan dengan tekanan dara tinggi dan penyakit jantung.

Level asam urat dalam darah yang normal adalahh sbb :
Normal uric acid levels are:
Pria : 3.47.0mg/dL
Wanita : 2.46.0 mg/dL

Faktor - faktor yang menyebabkan tingginya kadar asam urat dalam darah adalah banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung zat Purine (Purine dalam tubuh diubah menjadi asam urat), konsumsi alkohol yang berlebihan, menurunnya fungsi ginjal, obesitas, menurunnya fungsi tiroid, faktor genetika,masalah pada kelenjar endokrin, gejala diabetes, gejala kanker, kemoterapi, atau olah raga, puasa dan diet tertentu juga sebenarnya dapat meningkatkan kadar asam urat tapi hanya untuk sesaat.

Berikut ini beberapa tips menggunaan bahan alami untuk mengurangi kadar asam urat dalam darah, penggunaan secara periodik dlm jangka waktu yang lama dapat memberikan manfaat penyembuhan. Sebagai saran tambahan sangat dianjurkan anda tetap melakukan pemeriksaan rutin oleh Dokter.

Cara menurunkan kadar asam urat dalam darah

1. Cuka Apel

Merupakan bahan alami pembuang racun tubuh. Cuka apel mengandung asam malic yang akan memecah asam urat dan membuangnya, mengembalikan level keasaman tubuh kembali normal dan mengandung zat anti peradangan dan anti oksidan untuk melawan radikal bebas.

Cara penyediaan tambahkan 2 sendok teh cuka apel kedalam segelas air. Minum 2 hingga 3 kali sehari.
Secara bertahap dosisnya dapat ditambah hingga mencapai 2 sendok makan kedalam segelas air secara bertahap, minum secara teratur hingga kadar asam urat anda kembali normal. Jangan mengkonsumsi cuka apel berlebihan.

2. Jus Lemon

Meskipun rasanya asam justru jus lemon akan memiliki efek alkaline / basa pada tubuh, menetralkan kadar asam tubuh dan asam urat dalam darah. Sebagian tambahan vitamin C sebagai antioksidan.

Cara penyediaan peras 1 butir jeruk lemon kedalam segelas air hangat. Minum dipagi hari saat perut masih kosong. Lakukan terus selama beberapa minggu.

3. Buah Ceri

Buah ceri megandung zat untuk mernurunkn kadar asam dalam darah. Mengandung flavonoid bernama anthocyanin berguna untuk menurunkan kadar asam urat dalam darah, mengurangi peradangan dan rasa kaku persendian.

Cara penyediaan makan setengah gelas buah ceri setiap hari selama beberapa minggu. Atau satu hingga dua gelas jus ceri, minum selama 4 minggu. Dapat dikombinasikan dengan buah bluberi, strowberi dan tomat.

4. Baking Soda

Baking soda atau soda bikarbonat sangat berguna untuk menurunkan kadar asam urat dan mengurngi rasa sakit akibat rematik. Menjaga tingkat keasaman tubuh, menpermudah proses pelarutan asam urat dalam darah sehingga dapat dikeluarkan melalui ginjal.

Cara penyediaan campur satu setengah sendok teh baking soda kedalam segelas air. Minum 4 gelas sehari selama 4 minggu.. Anda bisa minum ini setiap 4 jam sekali.

Note: Jangan lakukan cara ini jika anda menderita penyakit darah tinggi. Orang berumur 60 tahun keatas dilarang minum lebih dari 3 kali sehari.

5. Minyak zaitun

Sebagian besar minyak sayur jika dipanaskan akan berubah menjadi lemak, didalam tubuh lemak ini akan menghancurkan vitamin E, padahal vitamin E sangat penting untuk mengendalikan kadar asam urat dalam darah. Minyak zaitun mengandung monounsaturated fat atau lemak tak jenuh tunggal yang sangat stabil jika dipanaskan. Minyak zaitun juga mengandung vitamin E sebagai antioksidn yangberkadar tinggi dan sebagai anti perdangan.

6. Air minum

Banyak minum air putih membantu mengoptimalkan proses pembuangan kadar asam urat dalam darah. Ini membantu melarutkan kadar asam urat dalam darah dan merangsang ginjal untuk membuang kelebihan kadar asam urat dlam darah memalui urin.

Selain itu banyak minum air putih secara teratur dapat mengurangi risiko gejala rematik atau encok sering kambuh. Dalam sebuah studi yang dipresentasikan pada pertemuan tahunan di American College of Rheumatology pada tahun 2009, para peneliti menemukan bahwa pasien yang meminum lima sampai delapan gelas air dalam periode 24 jam sebelum terjadi serangan rematik atau gout memiliki peluang penurunan risiko terjadinya kembali serangan rematik atau gout sebesar 40%, dibandingkan dengan mereka yang hanya minum satu gelas air atau kurang.

Minum setidaknya delapan sampai 10 gelas air alam satu hari. Juga sangat disarankan banyak mengkonsumsi buah buahan atau sayuran segar yang banyak mengandung cairan dalam diet Anda. Ini membantu mmbuang kadar asam urat dalam darah.

7. Diet rendah purin

Purina merupakan senyawa nitrogen yang pecah menjadi asam urat dalam darah. Purin banyak ditemukan didalam protein hewani. protein hewani seperti daging, jeroan, ikan dan unggas. Kacang-kacangan, jamur, asparagus dan kacang - kacangan juga mengadung Purin. Bir juga mengandung Purin. Dianjurkan untuk mengurangi makanan yang mengandung purin.

8. Makanan bersert tinggi dan mengandung pati

Makanan yang mengandung serat dan karbohidrat pati. Makanan tinggi serat membantu menurunkan kadar asam urat dengan menyerapnya dan kemudian membuangnya dari tubuh. Anda dapat menyantap makanan yang mengandung karbohidrat Pati karena hanya mengandung sedikit Purin.

Gandum utuh, apel, pir, jeruk dan stroberi adalah beberapa contoh makanan yang tinggi kadar seratnya yang dapat anda masukkan kedalam diet Anda. Karbohidrat Pati adalah makanan seperti beras, tapioka atau sagu, kentang, gandum, dan pisang.

Buah dan daun pepaya digunakan untuk mencegah penumpukan asam urat dalam darah dan dipercaya mampu mengobati asam urat. Zat Papain dalam daun dan buah pepaya membantu tubuh mempertahankan keadaan kondisi basa atau alkali dalam tubuh dan bertindak sebagai anti-inflamasi.

9. Dairy Products

Susu rendah lemak dan produk susu lainnya disepakati mampu menurunkan kadar asam urat dan mengurangi resiko encok dan rematik. Susu skim, misalnya, mengandung asam orotic yang mengurangi penyerapan kembali asam urat dan membuangnya melalui urin.

Dianjurkan minum satu hingga lima gelas susu skim setiap hari. Anda juga dapat menyertakan yoghurt rendah lemak dan produk turunan susu lainnya dalam diet Anda.
Tahu juga dapat membantu mengubah konsentrasi protein plasma dan membersihkan asam urat dalam darah. Hindari minum Susu kacang kedelai, telah terbukti meningkatkan kadar asam urat.

10. Jus Wheatgrass / jus Rumput Gandum

Wheatgrass membantu mengembalikan kondisi basa dalam darah. Ditambah juga kaya akan vitamin C, klorofil dan fitokimia yang berfungsi sebagai detoksifikasi. Ini merupakan sumber protein dan asam amino sebagai alternatif makanan protein hewani. Cukup minum satu ons atau dua sendok makan jus wheatgrass boleh juga dicampur dengan perasan lemon setiap hari sampai kadar asam urat turun.

Tips :

Jangan minum alkohol dan Bir
Hindari minuman / sirup yang mengandung fruktosa atau glukosa karena akan meningkatkan kadar asam urat dalam darah.
Berolah raga secara teratur dan jaga berat ideal tubuh. Lemak berlebihan dalam tubuh mampu meningkatkan produksi asam urat.
Makan menu seimbang kombinasi antara karboidrat dan rendah protein. Hindari makanan yang mengandung karbohidrat olahan seperti roti, kue, permen, dll.
Makan makanan rendah lemak
Perbanyak makanan tinggi serat buah dan sayuran

Baca Artikel lainnya

- Cara Ampuh Berhenti merokok Saat Ini Juga

- 100 Nama Bayi Paling Keren

- Obat Sakit Gigi Instan Dari Bahan Alami

- 10 Mobil Paling Populer Di Indonesia

- Cara Saya Sembuh Total Dari Asam Lambung GERD ACID REFLUX

- 14 Bahan Makanan Alami Paling Efektif Membuang Racun tubuh


TAGS diet kesehatan obat obat asam urat


-

Author

Follow Me